Wujud Apresiasi Budaya, Pelajar NU Juwana Adakan Pelatihan Gamelan Jawa

  • Whatsapp

Wujud Apresiasi Budaya, Pelajar NU Juwana Adakan Pelatihan Gamelan Jawa

Gamelan merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Jawa dari dulu hingga sekarang. Kesenian dan budaya Jawa yang tidak lepas dari alat musik satu ini. Secara kompak, puluhan Pelajar NU Juwana memainkan alat musik tradisional gamelan pada Ahad, (22/12/2019). Dengan cekatan tangan para pangrawit ini memainkan alat musik sesuai dengan irama dan lagu yang diinginkan.

Pelatihan gamelan Jawa yang diselenggarakan di Sanggar Seni Gamelan Guyup Rukun Desa Langgenharjo ini, satu persatu dilatih menabuh kenong, kendang, bonang, gong, dan lainnya. Setelah mengetahui bagiannya masing-masing akan dimainkan secara bersama-sama, sehingga akan menghasilkan bunyi yang singkron.

Selaku Pelatih, Pak Dalang Pomo memelihara budaya leluhur, mestinya juga menjadi tanggung jawab generasi muda saat ini. Semua upayanya itu dilakukan agar budaya Jawa tidak hilang. Zaman bisa terus berkembang, tetapi budaya tradisional harus tetap dilestarikan.

Walau demikian, beliau mengakui untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan bukanlah hal mudah. Karena itu beliau terus berupaya, agar budaya Jawa tetap eksis di tengah masyarakat.

Pak Dalang Pomo juga mengajak masyarakat kembali pada kebudayaan yang telah diajarkan leluhur terdahulu yaitu, saling menjaga hubungan yang baik antarsesama. ”Arti Budaya itu luas. Organisasi bisa disebut budaya, senyum bisa disebut budaya, bersih itu juga budaya, silaturahmi juga budaya, bermain bersama juga budaya,” jelasnya.

Tidak hanya dari PAC IPNU-IPPNU Juwana saja, Wakil Ketua Olahraga Seni Budaya Pimpinan Cabang dan masyarakat sekitar juga ikut berpartisipasi dalam jalanya kegiatan ini. Rencananya, kegiatan pelatihan gamelan Jawa ini akan dilaksanakan sekali dalam satu pekan ini. (Ellina, Yati/LJP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *