Lakmud Ciptakan Generasi Berkualitas Berpedoman Ahlussunnah Waljama’ah dan Pancasila

  • Whatsapp
Lakmud Ciptakan Generasi Berkualitas Berpedoman Ahlussunnah Waljama’ah dan Pancasila
Lakmud Ciptakan Generasi Berkualitas Berpedoman Ahlussunnah Waljama’ah dan Pancasila

Juwana- Lakmud (Latihan Kader Muda) adalah jenjang pendidikan kedua di organisasi IPNU IPPNU setelah MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota). Kaderisasi merupakan ruhnya organisasi, bagi ikatan yang bermotto belajar berjuang bertaqwa yang menjadi rutinitas pokok dalam mengembangkan roda organisasi. Kamis (30/5/2019) PAC IPNU IPPNU Juwana mengadakan Lakmud yang bertepatan di Mts & MA Matholi’ul Falah Langgenharjo Kec.Juwana Kab.Pati.

Kegiatan LAKMUD ini diadakan selama 3 hari yakni 30 Mei-1 Juni 2019 yang diikuti oleh 34 Peserta yang sudah mengikuti Pendidikan MAKESTA sebelumnya dan Ujian Screening dengan Instruktur/Pelatih PC IPNU IPPNU Kabupaten Pati. Bertemakan membangun generasi muda yang cerdas berkualitas dengan berpedoman Ahlussunah Wal Jama’ah An Nahdliyah dan Pancasila, kegiatan ini dibuka oleh Drs.Sugiono,MM Camat Kec.Juwana .

Muat Lebih

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Ahmad Khoirul Anam Ketua PAC IPNU Juwana berpendapat “Kaderisasi merupakan salah satu pilar utama dalam Organisasi Sosial Kemasyarakatan seperti IPNU-IPPNU sebagai salah satu Badan Otonom NU. Dari proses kaderisasi yang efektif inilah akan didapat kader-kader yang memiliki energi, kualitas dan loyalitas yang tinggi dengan pengembangan dan keberlangsungan organisasi.Dengan ini diharapkan dapat membentuk pribadi kader yang militan, profesional dan berakhlakul karimah.”

Tujuan dengan diadakannya Lakmud adalah menciptakan kader IPNU IPPNU yang memiliki watak,motivasi pengembangan diri, rasa bertanggung jawab atas organisasi pembentukan kader yang mandiri dan siap digarda terdepan organisasi baik di Pimpinan Ranting ataupun Pimpinan Anak Cabang. “Saya harap setelah mengikuti kegiatan Lakmud ini para peserta bisa memahami nilai dan perjuangan islam yang dikembangkan oleh NU serta memiliki skill dan sumber daya yang berkualitas dalam berorganisasi,”ujar Fathul Majid selaku Ketua Panitia.

Dalam jalannya kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Kec.Juwana, Danramil 02 Juwana, Pengurus PC IPNU-IPPNU Kab. Pati,Pengurus Muslimat NU Juwana, Ketua GP Ansor Kec. Juwana ,dan Pengurus PAC Pagar Nusa Juwana.”Untuk kader PAC IPNU IPPNU Juwana khususnya alumni LAKMUD kami harap bisa membawa IPNU IPPNU semakin baik sehingga bisa di terima di masyarakat dengan baik, terlebih teman-teman alumni lakmud bisa ikut berperan menjaga, serta membentengi pelajar dari aliran-aliran radikal dan menjaga keutuhan NKRI.

Menata niat yang baik untuk berjuang di IPNU IPPNU jangan sampai ada yang mengharapkan sesuatu kepada IPNU IPPNU, Niat untuk belajar berjuang bertaqwa dan ngalap barokah ulama’, ingat bahwa kita yang membutuhkan IPNU IPPNU bukan IPNU IPPNU yang membutuhkan kita.”ujar Rekan Mohamad Wahyu Saputro (Rekan Yoyok) Instruktur PW IPNU Jateng.

Selama kegiatan Lakmud, seluruh peserta akan diberikan berbagai materi penting diantara lain Aswaja II, Ke NU an II, Ke IPNU IPPNU an II, Ke-Indonesiaan II, Manajemen Organisasi, Leadership, Manajemen Organisasi, Teknik Diskusi dan Persidangan, Komunikasi dan Kerjasama, Scientific Problem Solving, Networking dan Lobbying.

Kegiatan yang dipersiapkan kurang lebih satu bulan ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan prosesi pembaiatan yang usai pada pukul 17.00 WIB. “Kesan saya mengikuti kegiatan Lakmud luar biasa. Disini kami menyatukan tanpa melihat perbedaan, semoga para alumni Lakmud IPNU IPPNU Juwana menjadi kader yang berguna bagi agama, bangsa dan negara Indonesia,”kata Arieska salah satu peserta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *