Partisipasi IPNU IPPNU Ketip Dalam Melestarikan Tradisi Jawa di Era Modern

  • Whatsapp

Partisipasi IPNU IPPNU Dalam Melestarikan Tradisi Jawa di Era Modern

Sedekah bumi merupakan tradisi masyarakat jawa yang melambangkan rasa syukur atas hasil bumi yang diperoleh. Biasanya tradisi sedekah bumi diperingati dengan suatu acara tertentu atau dengan upacara-upacara yang masih kental dari nenek moyang terdahulu yang masih dilestarikan hingga saat ini. Upacara sedekah bumi dilaksanakan setiap 1 tahun sekali.

Dalam rangka menyambut sedekah bumi desa Ketip, IPNU IPPNU Ketip diberi kepercayaan sebagai panitia dalam ajang lomba anak-anak Desa Ketip “IPNU IPPNU Ketip sebagai generasi penerus, harus bisa bermanfaat bukan hanya bagi anggotanya saja, tapi harus bermanfaat untuk masyarakat umum” ujar Mardianto Riko Kurniawan selaku Ketua IPNU Ketip .

Untuk lomba anak-anak yang diadakan antara lain yaitu lomba kelereng, memasukan pensil dalam botol, balap karung, dan makan kerupuk. Lomba tersebut dapat diikuti anak-anak dari jenjang TK-SMP, kemudian untuk juaranya diambil juara 1 sampai 3. Hadiah dari lomba tersebut dapat diambil saat acara ketoprak pada Tanggal 7 Juli 2019 di desa Ketip.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-4 Juli mendatang. Selain berkontribusi dalam ajang lomba, IPNU IPPNU Ketip juga membuka stand yang menyajikan makanan dan minuman dalam acara tersebut. Beberapa makanan dan minuman yg dijual antara lain jus buah, pentol kuah, es kiko, es lilin dan masih banyak lagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemasukan uang kas IPNU IPPNU Ketip, dan sekaligus untuk melatih jiwa kewirausahaan para anggota agar menjadi bekal di kemudian hari bagi kader-kader IPNU IPPNU.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *