Wahyu Yoga Pratama, Pelajar NU Kabupaten Pati yang Menjadi Juara II Ajang Duta Wisata Pati 2019

  • Whatsapp

Wahyu Yoga Pratama, Pelajar NU Kabupaten Pati yang Menjadi Juara II Ajang Duta Wisata Pati 2019

Sejatinya, Duta Wisata adalah sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di sebuah wilayah dalam menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah – dikutip dari Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baik di daerah maupun pusat, Duta Wisata dipilih melalui serangkaian proses pemilihan yang sangat ketat dengan standart penilaian tinggi. Biasanya, acara pemilihan Duta Wisata digelar megah yang tentu mengandung ekspektasi serta filosofi daerah sehingga para pemenang diharapkan dapat benar-benar memahami dan menjalankan segala keagungan budaya luhur di mana mereka berasal.

Begitupun yang dirasakan Wahyu Yoga Pratama, seorang Pelajar NU Pati yang menjadi Juara II dalam ajang bergengsi pemilihan Duta Wisata Pati 2019 yang grand finalnya dilaksanakan di Gor Joyo Kusumo Pati.

Pemuda yang akrab disapa Yoga ini memang sejak awal mempunyai niatan untuk ikut pemilihan Duta Wisata Pati 2019 .
“Saya ditunjuk oleh pihak kecamatan untuk mewakili Dukuhseti” ungkapnya ketika berhasil kami wawancara by phone sabtu kemarin (20/7)

Yoga mengungkapkan bahwa ada serangkaian tahapan untuk mengikuti ajang ini, di antaranya ada tes tertulis, hingga wawancara seputar kepariwisataan, pengetahuan umum, bahasa Inggris, hingga psikologi.

Selanjutnya, setelah melalui tahap-tahap penyeleksian, dipilihlah 10 pasang Mas dan Mbak Duta Wisata Pati yang akan dikarantina di PTPN IX Jollong, Gembong Pati.

Serangkaian proses itu nantinya yang akan menentukan pemenang Duta wisata pati 2019. Karena yang terpilih menjadi Duta Wisata nantinya akan dihadapkan dengan ragam tanggungjawab nan kompleks. Sebut saja salah satunya adalah keharusan untuk terus belajar, dan mengasah kemampuan komunikasi karena Duta Wisata tentulah sosok yang luwes dalam berkomunikasi, membekali diri dengan banyak kemampuan yang berhubungan dengan tugas Duta Wisata dan keperluan personal sebagai pribadi remaja yang unggul.

Kini Yoga tergabung dalam PADUWIPA (Paguyuban Duta Wisata Pati). Ia merasa senang bisa mengenal lebih jauh tentang ciri khas, seni, budaya, dan wisata yang ada di Pati.

Sebelum mengakhiri tanya singkat by phone sore itu Yoga berpesan: Seharusnya kita sebagai Generasi Muda NU khususnya, kita harus tetap semangat untuk berkarya dan berinovasi karena setiap orang adalah yang terbaik. Anda lahir pasti berguna. (Yaroh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *