Usai dari Juwana, Rumat Literasi Bertandang ke Kawedanan Kayen

  • Whatsapp

Gabus- Kawedanan Kayen menjadi tuan rumah perhelatan rumat literasi kali keempat. Sebelumnya rumat literasi sudah bertandang ke kawedanan Jakenan, Tayu, dan Juwana.

Bertempat di Gedung Madrasah Diniyah Awwaliyah Miftahul Falah Gabus, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Peserta sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan.

Pada sesi pertama, disampaikan materi tentang membaca dan menulis, materi ini disampaikan oleh Rekanita Tristiana Hidayatul Wahidah. Untuk sesi materi kedua disampaikan oleh Bapak Suparyono perwakilan dari LTN NU Pati.

Tia, sapaan akrab Tristiana, pada awal materi menjelaskan kalau berbicara mengenai literasi, lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Literasi mendorong kita agar dapat menggunakan seluruh potensi dan kemampuan yang kita miliki, dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan untuk membaca kata juga membaca dunia.

Tidak hanya mengenai materi membaca dan menulis, rumat literasi juga mengundang Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) PCNU Pati untuk menyampaikan materi mengenai jurnalistik dasar dan strategi pemberitaan.

Bapak Suparyono dalam sesi materi kedua menyampaikan tentang pengertian jurnalistik dan mengerucutkannya pada pembahasan tentang detil-detil kepenulisan, khususnya berita. Ia menjelaskan panjang-lebar seputar berita yang layak terbit dan bagaimana menjadikan berita layak terbit.

“Materi ini menekankan kepada peserta untuk menjadi seorang jurnalis, bagaimana mereka menulis berita dengan baik dan benar
Sehingga kedepannya kegiatan-kegiatan dilingkup NU dapat diberitakan oleh Pelajar NU yang hadir dalam rumat literasi” ujarnya.

Rumat Literasi sudah berlangsung di empat kawedanan se-Kabupaten Pati, pertemuan selanjutnya akan dilakukan besok hari Ahad (23/2/2020) di Kawedanan Pati Kota. (Yaroh/LPJ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *