Bekali SDM tentang Pengelolaan Mading, SMP IT Ittihadul Muwahidin Adakan Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

Margorejo-Sebanyak 15 orang siswa SMP IT Ittihadul Muwahidin mengikuti pelatihan membuat majalah dinding(Mading) di Aula SMP IT Ittihadul Muwahidin Margorejo, selasa (18/2/2020)

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 17.00 WIB ini dihadiri oleh perwakilan PC IPNU IPPNU Pati, Tristiana Hidayatul Wahidah menyampaikan materi tentang pembuatan mading, Abdul Ghofur sebagai pemateri tentang pengelolaan media sosial, serta Balyan Nurul Huda sebagai moderator.

“Majalah dinding (mading) merupakan suatu kegiatan penyajian informasi yang dibuat
sedemikian rupa dengan harapan agar orang lain tertarik untuk membacanya. Isi mading biasanya berupa informasi, opini, cerita pendek, dan lain-lain. Mading merupakan salah satu jenis media komunikasi yang paling sederhana” prolog Tia, panggilan akrabnya sebagai pemantik kepada peserta siang itu.

Mading terdiri dari beberapa tulisan yang ditempelkan pada bidang datar,
seperti kertas karton atau gabus. Kemudian kumpulan tulisan itu dihiasi dengan
berbagai macam pernak-pernik, renda dan alat tulis warna-warni hingga lukisan.
Sehingga penampakan mading terlihat menarik dan membuat pembaca tertarik untuk membaca.

Lebih lanjut Tia menjelaskan, keberadaan mading yang terkelola dengan baik dapat menjadi kontribusi positif bagi sekolah. Bukan hanya menjadi saran untuk menginformasikan kegiatan yang berlangsung di sekolah, mading juga menjadi media edukasi bagi warga sekolah.

Sementara itu, Abdul Ghofur yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara mengelola media sosial yang baik. Sekaligus membekali mereka kemampuan membedakan berita real dan hoax di media sosial.

 Mudah-mudahan ilmu yang diberikan narasumber dalam kegiatan ini bisa diserap dan dipraktekkan dengan baik oleh para peserta, terutama dalam tata cara membuat mading dan menangkal hoax di sosial media. (YR/LPJ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *