Ingat Selalu Pendiri IPNU-IPPNU (Kolom)

  • Whatsapp

Ingat Selalu Pendiri IPNU-IPPNU (Kolom)
Oleh : Dr. Jamal Ma’mur Asmani, M.A.
Ketua Tanfidziyah PCNU Pati

Prof. Dr. KH. Tholhah Mansur dan Ibu Nyai Umrah Mahfudhoh binti KH. Wahib bin KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah pasangan pendiri IPNU-IPPNU.

Beliau berdua adalah eksponen pesantren yang ingin melihat kader pelajar NU berkembang dalam skills namun dalam konteks akhlakul karimah, sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan para ulama pesantren.

Maka, IPNU-IPPNU harus selalu menjaga koridor akhlakul karimah, menghindari pergaulan putra-putri yang lepas dari koridor syari’at Islam.

IPNU-IPPNU justru harus tampil sebagai problem solver dalam persoalan remaja, seperti free sex, narkoba, miras, hate speech, hoax dan sejenisnya.

Program literasi bisa menjadi salah satu kegiatan IPNU-IPPNU yang mengasah kemampuan jurnalistik.

Meramaikan Masjid, semua kegiatan IPNU-IPPNU bisa bermuara di masjid. Masjid menjadi jantung kegiatan IPNU-IPPNU.
Gerakan literasi bisa diwujudkan dengan optimalisasi perpustakaan masjid yang masih belum maksimal fungsinya.

Internalisasi akidah Aswaja An-Nahdliyyah bisa dengan mengadakan pengajian kitab Risalah Ahlissunah Wal Jama’ah karya Hadlratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari dan Hujjatu Ahlissunah Wal Jama’ah karya KH. Ali Ma’shum.

Seminar, Diklat dan Sejenisnya bisa memanfaatkan masjid lantai 2, sehingga masjid benar-benar menjadi pusat pergerakan NU di ranting yang dimanfaatkan semua banomnya.

Semua Kegiatan IPNU-IPPNU selalu dikonsultasikan dan dalam bimbingan Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah ranting, sehingga diharapkan berjalan dalam koridor akhlakul karimah.

IPNU-IPPNU adalah kader pemimpin NU masa depan yang harus dipersiapkan sejak sekarang dengan mengasah kecerdasan spiritual, emosional, intelektual dan sosial mereka sehingga menjadi pemimpin ideal.

الى روح مؤسسي IPNU-IPPNU، الحاج الدوكتور طلحة منصور و الحاجة عمرة محفوظة الفاتحة…
امين يا رب العالمين.

PCNU Pati, Ahad 23 Februari 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *