Tingkatkan Militansi, Pelajar NU Pati Gelar Diklatama

  • Whatsapp

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dan Dewan Koordinasi Cabang CBP-KPP Kabupaten Pati Masa Khidmat 2019-2021 telah selesai menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) pada Sabtu hingga Minggu (17-18/10/2020) di Pendopo Kertomulyo.

Diklatama CBP dan KPP ini diikuti oleh 64 peserta pelajar NU dari unsur Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU dan lembaga pendidikan se-Kabupaten Pati. Selama 2 (dua) hari, para pelajar NU ini mendapatkan beberapa materi meliputi Aswaja ke-NU-an, ke-IPNU-an dan ke-IPPNU-an, ke-CBP-an dan ke-KPP-an, PBB (Pelatihan Baris Berbaris), SAR, Leadership, hingga komunikasi dan team work dan mitigasi bencana. 

Materi tersebut disampaikan oleh narasumber yang berasal dari unsur DKW CBP-KPP Jateng, PCNU Kabupaten Pati, PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pati, Satkorcab Banser Kabupaten Pati, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Pati.

Komandan CBP Kabupaten Pati Matsna Zakiyyatus Salwa mengungkapkan kegiatan ini memiliki sasaran untuk memperkenalkan IPNU-IPPNU secara umum dan CBP-KPP pada khususnya kepada para anggota baru CBP-KPP. Sekaligus membangun komitmen dan watak kader dalam kebersamaan membangun bangsa. Ia juga mengatakan bahwa Diklatama merupakan salah satu pintu pengkaderan selain Makesta (Masa Kesetiaan Anggota).

Selain bertujuan mencetak calon komandan CBP dan KPP di Kabupaten Pati, kegiatan ini juga bertujuan membangun kesadaran para pelajar serta membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat.

Diklatama ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepanduan, kedisiplinan, kemanusiaan, pengabdian alam dan lingkungan hidup serta menciptakan generasi militan serta mampu mengemban amanah NU yang berfaham Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) An Nahdliyyah.

Mengambil Tema “Militansi Sebagai Landasan Kontribusi Kader Menyongsong Semangat Nasionalisme” dengan harapan tinggi peserta selalu bersungguh sungguh dalam menjalankan peran organisasi dan menjadi kader militan dalam arti bukan hanya sekedar ikut ikutan, tetapi kader yang siap sedia dan mau meluangkan waktu demi kepentingan organisasi.

 Mudah-mudahan dari kegiatan ini nantinya dapat melahirkan kader yang punya kredibilitas dan loyalitas tinggi terhadap organisasi. Salam permata nusa permata bangsa permata Indonesia.(Yaroh/LPJ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *