Adakan RTL II Makesta, Pelajar NU Langgenharjo Bekali Basic Training Jurnalistik

Juwana- Pelatihan jurnalistik kembali dilaksanakan dalam kegiatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) II Makesta PR IPNU-IPPNU Langgenharjo, di Gedung MI Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana.

Ini merupakan salah satu lanjutan program kerja Lembaga Pers dan Jurnalistik PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Juwana dengan tujuan membangun SDM IPNU-IPPNU di bidang jurnalistik, menambah wawasan tentang produk Jurnalistik dan Media, mempraktikkan produksi konten jurnalistik, dan tentunya menambah minat baca dan menulis di kalangan pelajar.

Pelatihan yang terlaksana pada Ahad (21/2) pukul 09.00 WIB diikuti oleh puluhan peserta dari alumni Makesta PR IPNU-IPPNU Langgenharjo pada tahun 2020. Kegiatan ini mendapatksn antusiasme tinggi dari para peserta. Hal itu terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

Dengan mengusung tema “Tumbuhkan Minat Literasi Pelajar melalui Jurnalistik” peserta dibimbing oleh pemateri untuk mengkaji dan mempraktikan bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Dalam pelatihan ini dihadiri 2 pemateri, Nuzula Nailul Faiz (Teknik Kepenulisan) dan Inayathul Aliya ( Dasar Jurnalistik) yang bersifat materi, diskusi, dan praktik.

Selaku pembina, Fais Alim Rosyada sangat mengapresiasi kegiatan siang ini. Ia mengatakan hal itu sangat penting untuk mensosialisasikan kegiatan produktif di organisasi.

“Ilmu jurnalistik perlu dimiliki dan diterapkan oleh pelajar NU baik IPNU maupun IPPNU. Hal itu penting untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan produktif yang dilakukan oleh organisasi.” Ujarnya

Sementara itu, Ina, sapaan akrab Inayathul Aliya menyampaikan bahwa dalam penambahan akses situs yang berisikan artikel atau bacaan harus diupayakan.

Menurutnya, Ia terinspirasi dari PC IPNU-IPPNU Pati yang menggerakkan literasi, disini (Juwana, red) kita mendukung dengan membuat program ini. Kita sudah disediakan website sebagai wadah untuk bagi kita berkreasi di bidang literasi.

“Sebelumnya, bahwa Lembaga Pers yang telah kita ketahui memang punya fungsi yang penting dalam mengelola media sosial. Contohnya seperti mengupload gambar desain grafis dan juga membuat press release setelah kegiatan berlangsung. ” Tambahnya

Tidak ada kendala saat pelatihan berlangsung, para peserta turut aktif dan diharapkan menjadi kegiatan rutinitas sehingga menghasilkan kader militan guna meningkatkan Jurnalistik lebih menarik dan inovatif agar terbiasa dan mahir dalam bidang tersebut. (Ellina/Yaroh/LPJ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.