Cetak Kader Muda Berdedikasi Tinggi, PAC Juwana Gelar Lakmud

JUWANA – PAC IPNU IPPNU Juwana kembali mengadakan Lakmud (Latihan Kader Muda) usai terkendala pandemi covid, Kamis (31/03/2022). Kegiatan ini mengusung tema terbinanya kader muda yang berdedikasi tinggi, sadar akan fungsi dan peranannya dalam berorganisasi serta hak dan kewajibannya sebagai kader NU dan bangsa.

Bertempat di MI Al Fattah Ds. Dukutalit Kec. Juwana Kab. Pati, kegiatan Lakmud ini diadakan selama 4 hari yakni 31 Maret – 3 April 2022. Terhitung terdapat 36 peserta dari 50 peserta yang lolos screening.

Ketua PAC IPNU Juwana, Fais Alim Rosyada berharap para kader dapat memiliki dedikasi tinggi untuk mengawal PAC.

“Dengan mengusung tema tersebut, kami ingin membina para kader kami, agar mempunyai dedikasi yang tinggi dalam mengawal PAC ini. Dengan menyadarkan bagaimana peran dalam berorganisasi serta fungsi mereka dalam menjabat didalam kepengurusan, diharapkan sebagai  kader NU dan tunas-tunas NU dapat melanjutkan estafet perjuangan di NU sebagai kader penerus bangsa nantinya,” ujarnya.

Sementara, Vina Nurun Najah Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PAC IPPNU Juwana menjelaskan, kegiatan LAKMUD ini baru bisa terlaksana kembali usai beberapa tahun lalu yang sempat vakum dikarenakan pandemi COVID-19.

“Untuk spesifikasi khususnya anggota PAC memiliki latar belakang yang berbeda, dari pada mencari anggota lain, akan lebih baik memperbaiki kualitas struktur kepengurusan internal kita yang salah satunya melalui kegiatan Lakmud ini,” jelasnya.

Tujuan dengan diadakannya Lakmud adalah memahami prinsip dan menumbuhkan rasa tanggung jawab, memahami prinsip organisasi dan kepemimpinan, serta mampu memahami dan memecahkan masalah pengambilan keputusan yang tepat.

“Dengan meningkatkan kualitas dari pengurus PAC dalam kemampuan berorganisasi, diharapkan skill organisasi lebih meningkat setelah mengikuti LAKMUD ini, sehingga bisa mampu lebih bersinergi dalam mengawal ranting yang ada dikecamatan Juwana ini,” ujar Ketua IPPNU PAC Juwana, Nia Umami.

Selain diikuti dari PAC Juwana, LAKMUD ini juga diikuti delegasi dari PC Kabupaten Semarang, PAC Sukolilo, PAC Margoyoso, PAC Cluwak, dan PAC Trangkil.

“Kegiatan ini tidak hanya diikuti dari PAC Juwana saja, karena kami juga membuka kuota eksternal yang merupakan salah satu syarat dari cabang. Hal ini juga memberikan manfaat yakni meningkatkan antusias para peserta sehingga muncul rasa berkompetisi untuk berprestasi di forum ini,” ujar Fais Alim Rosyada Ketua IPNU PAC Juwana.

Pelaksanaan kegiatan ini turut mengundang pemateri baik dari senior di IPNU IPPNU, MWC NU, Ketua Banom lain seperti GP Ansor, Muslimat, dan Fatayat. Adapun materi yang akan diberikan antara lain Aswaja II, Ke NU an II, Ke-Indonesiaan II, Ke IPNU IPPNU an II, Leadership, Manajemen Organisasi, Komunikasi dan Kerjasama, Networking dan Lobbying, Manajemen Konflik, Scientific Problem Solving, Tehnik Diskusi & Persidangan, dan Sosiologi Pemerintahan.

Kegiatan yang dipersiapkan sekitar 3 bulan ini juga terdapat sedikit kendala diawal pelaksanaan yakni penempatan lokasi kegiatan.

“Awal kami mengajukan perizinan sudah mengantongi izin bahwa kita bisa menggunakan ruangan kelas yang ada di MTs Al Fattah, namun karena berbenturan dengan jadwal mengajar kemudian kami alihkan di gedung MI Al Fattah yang kebetulan peserta didiknya libur. Meski begitu panitia juga luar biasa karena bisa menghandle persiapan yang cukup mepet sehingga bisa menjalankan kegiatan dengan lancar,” kata Salis Abdul Rozaq sebagai Ketua Panitia. (lpj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.