5 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Sebelum berbuka puasa, ada satu waktu yang populer disebut ngabuburit, yaitu saat di mana Anda menunggu waktu untuk berbuka puasa sambil melakukan kegiatan lain.

Kegiatan yang bisa dilakukan selama ngabuburit ada banyak sekali. Berikut ini rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan selama ngabuburit.

1. Memperdalam Ilmu Agama

Kegiatan yang paling direkomendasikan untuk Anda lakukan adalah memperdalam ilmu agama. Selain dapat mengisi waktu ngabuburit, kegiatan ini juga akan menambah pahala dan menambah ilmu anda perihal agama. Memperdalam ilmu agama bisa dilakukan dengan cara mengaji, membaca buku agama, atau mengikuti kajian bersama jamaah lain di masjid.

2. Olahraga Ringan

Jika ingin berolahraga saat berpuasa, Anda tidak perlu khawatir karena berolahraga saat puasa juga merupakan hal yang baik. Akan tetapi, lebih baik lakukan olahraga ringan agar Anda tidak merasa cepat lelah atau membatalkan puasa. Anda bisa memilih jenis olahraga ringan seperti yoga, jogging, dan bersepeda di sekitar rumah. Anda bisa berolahraga selama kurang lebih 20-30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Dengan berolahraga selama puasa, badan akan terasa lebih sehat dan segar sehingga semakin mempermudah Anda menjalankan ibadah puasa.

3. Belajar Memasak

Belajar memasak adalah salah satu kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba selama bulan Ramadan. Ada banyak resep masakan yang bisa dilihat di internet atau bahkan video tutorial memasak yang mudah diikuti. Selain untuk mengisi waktu saat ngabuburit, belajar memasak juga bisa menjadi tambahan kepandaian baru untuk diri Anda. Masakan yang sudah dipelajari resepnya dan coba buat, bisa Anda jadikan hidangan saat sahur atau berbuka puasa.

4. Berkeliling Desa
Jalan-jalan berkeliling desa adalah salah satu kegiatan yang bisa mengisi waktu ngabuburit. Berkeliling desa juga bisa Anda isi dengan kegiatan lainnya seperti sambil melihat sunset atau matahari terbenam. Selain itu, Anda juga bisa berhenti di pasar Ramadan untuk membeli takjil untuk berbuka puasa.

5. Menonton Film

Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah atau di bioskop bersama teman dan keluarga. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan terlebih lagi karena saat ini sudah ada banyak situs internet yang menyediakan beragam pilihan film yang bisa Anda tonton. Menonton film juga bisa membuat Anda tidak terlalu merasakan waktu menunggu berbuka puasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.