Maraknya Pelecehan Seksual, Forum Rekanita Gelar Edukasi Kesehatan Reproduksi

DUKUHSETI – Forum Rekanita Bergerak (FRB) menggandeng Lembaga Konseling Pelajar Putri (LKPP) PC IPPNU Pati, Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi (LKPT), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT IPPNU IPMAFA dan Pelajar NU Dukuhseti mengadakan Sosialisasi Edukasi mengenai Kesehatan Reproduksi dan Pelecehan Seksual pada Sabtu (23/4/2022), di Gedung Haji Kecamatan Dukuhseti.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap maraknya pelecehan seksual yang tidak hanya dilakukan kepada perempuan dewasa, namun juga usia anak-anak yang turut menjadi korban.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pencegahan Kekerasan dan Pelecehan terhadap Perempuan dan Anak” ini mendapat sambutan baik dari pimpinan anak cabang maupun pimpinan ranting se-Kecamatan Dukuhseti.

Sejumlah 90 peserta IPPNU hadir mengikuti kegiatan ini. Peserta berasal dari delegasi dari 3 Pimpinan Komisariat serta 8 Pimpinan Ranting yang ada di Kecamatan Dukuhseti.

Informasi yang disampaikan secara komprehensif saat acara berlangsung menekankan kepada peserta tentang pentingnya memahami secara sungguh-sungguh perihal kesehatan reproduksi remaja. Berpijak dari tingkat pemahanan (knowledge) yang baik dan benar, diharapkan para peserta memiliki sikap (attitude) yang baik dan positif pula terhadap kesehatan reproduksinya, sehingga mereka nantinya berperilaku positif terhadap alat reproduksinya serta terhindar dari berbagai resiko berkenaan dengan fungsi reproduksinya.

Selain sesi penyampaian materi mengenai edukasi pencegahan seksual, Rekanita Efi selaku founder Forum Rekanita Bergerak dan Rekanita Eva perwakilan dari LKPP PC IPPNU PATIĀ  juga menyampaikan mengenai bullying yang kerap terjadi di kalangan remaja.

Ice Breaking dan beberapa games yang merefleksikan materi juga menjadi bagian dari runtutan acara. Antusiasme peserta sangat tinggi sekali hingga acara purna.

“Saya harap, rekanita-rekanita setelah acara dapat menerapkan ilmu serta mengedukasi diri sendiri, teman-teman dan lingkungan sekitar mengenai pencegahan kekerasan maupun pelecehan seksual,” tutur Melisa Ketua PC IPPNU Pati.

“Dan semoga kegiatan ini nggak hanya dilaksanakan di PAC, tetapi PR/PK bisa melaksanakan kegiatan ini juga,” Imbuhnya.

(lpj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.