Mengenal LKPT, Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi Milik IPNU IPPNU

PATI – Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi (LKPT) merupakan lembaga yang diberikan tanggung jawab untuk mengembangkan kader pelajar NU di ranah perguruan tinggi.

Direktur LKPT PC IPPNU Pati, Efi Nur Jannah menilai bahwa LKPT harus hadir di setiap Cabang IPNU IPPNU yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga, perannya dalam mengawal pelajar NU di kampus dapat berjalan dengan maksimal.

“Peran LKPT sendiri ialah sebagai jembatan komunikasi bagi kader IPNU-IPPNU yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi,” ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa perguruan tinggi menjadi salah satu tempat masifnya perkembangan paham radikalisme dan paham ideologi lain yang bertentangan dengan ajaran Ahlu Sunnah wal jama’ah annahdliyah. Hal ini mengingat banyaknya mahasiswa dengan latar belakang dan pandangan yang berbeda, baik dalam sisi agama, ras dan budaya, yang berkumpul menjadi satu.

Oleh karena itu hadirnya LKPT di setiap Cabang IPNU IPPNU dinilai sangat penting. Apalagi di wilayah tersebut memiliki kampus yang besar.

“Hal ini supaya dapat mengantisipasi ekstrimisme agama Islam maupun paham menyimpang lainnya. Pasalnya kader-kader pelajar NU yang terkoordinasi lewat LKPT dengan wadah PKPT (Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi) akan diarahkan kembali kepada nilai-nilai agama Islam Aswaja an-Nahdliyah yang tentunya rahmatan lil alamin,” tuturnya.

Disisi lain, ia pun berharap kader-kader IPNUĀ  yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi bisa ikut mewarnai dalam kompetisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tetap teguh berpegang pada falsafah kehidupan tang berwawasan Ahlu Sunnah wal jama’ah annahdliyah. (lpj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.