Langkah Pengembangan Ide – Mendirikan sebuah usaha tidak bisa di anggap mudah. Sebab, kalian harus mengembangkan ide usaha agar mampu menarik konsumen serta mencari peluang besar agar meraup keuntungan maksimal.
Tanpa adanya pengembangan ide dan peluang, bisa saja bisnis yang kamu bangun malah jalan di tempat. Bahkan, ke depannya usahamu bisa kalah saing dengan para kompetitor karena mereka lebih kreatif dan pintar dalam menarik konsumen.
Lalu, apa saja langkah langkah pengembangan ide dan peluang usaha? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.
Langkah Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha
Mengutip buku Lingkungan Dunia Usaha di Indonesia oleh Ika Lestari dan Mansur Chadi Mursid, ada sejumlah langkah langkah dalam mengembangkan ide dan mencari peluang usaha yang besar. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.
1. Menentukan Tujuan Bisnis
Langkah yang pertama adalah menentukan tujuan bisnis terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena mendirikan sebuah bisnis butuh perencanaan yang jelas dan matang.
Tentu, tujuan utama dari menjalankan bisnis adalah meraup keuntungan. Akan tetapi, menjalankan sebuah usaha akan mengalami pasang surut, jadi kalian harus menyiapkan mental yang kuat.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat perencanaan bisnis saat awal awal mendirikan suatu usaha. Dengan begitu, kamu bisa fokus terhadap target target yang di tuju dan mengetahui cara menghadapi masalah yang muncul
Baca Juga : Strategi Promosi Online Untuk Meningkatkan Penjualan Produk
2. Menguraikan Seluruh Ide
Apabila kamu mendirikan bisnis secara bersama sama, usahakan untuk menguraikan seluruh ide dari masing masing kepala. Langkah ini di lakukan untuk mencari cara bagaimana pengembangan bisnis ke depannya serta menerima masukan dari sejumlah anggota di tim
Terkadang, ide ide yang muncul di kepala bisa membawa perubahan besar terhadap laju perusahaan ke depannya. Hal ini tentu merupakan peluang besar bagi bisnis yang di jalankan agar terus cuan
3. Membuat Sistem Perencanaan Bisnis
Ketika tujuan bisnis telah di tetapkan dan seluruh ide telah di tampung, langkah selanjutnya adalah membuat sistem perencanaan bisnis. Dalam hal ini, bisnis yang di kelola harus berjalan secara terstruktur, jangan sampai asal asalan yang mana dapat menimbulkan kerugian
4. Melihat Strategi Yang Dimiliki Pesaing
Persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat. Jika kamu lambat dalam berinovasi, maka para pesaing bisa menyingkirkanmu dalam waktu cepat.
Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk memantau gerak gerik kompetitor. Cari tahu strategi bisnis yang meraka lakukan dalam menjual produk atau jasa.
5. Melakukan Riset dan Inovasi Produk
Riset sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Cara ini di lakukan untuk mengetahui apa saja kebutuhan konsumen, lalu bagaimana tanggapan mereka tentang barang yang telah di jual di pasaran.
Setelah melakukan riset, kalian bisa tahu apakah produk yang kamu jual masih di sukai konsumen atau tidak. Jika ternyata konsumen mulai bosan karena modelnya itu itu saja, maka sudah saatnya melakukan inovasi
Cara Menganalisis Kemungkinan Keberhasilan dan Kegagalan Usaha
Seorang wirausahawan harus menganalisis peluang usaha sebaik mungkin. Apakah strategi bisnis yang dijalankan dapat meraih keberhasilan atau justru berakhir buntu dan gagal total
Adapun cara untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan bisnis, yakni sebagai berikut :
1. Meneliti seberapa luas usaha yang akan dipilih
2. Bentuk usaha apa yang akan dipilih
3. Jenis usaha apa yang akan di tekuni
4. Informasi usaha yang akan di terima
5. Ada atau tidaknya peta peluang usaha yang menguntungkan
Selain itu, jangan lupa untuk menreapkan analisis SWOT, yakni strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunitis (peluang), dan threats (ancaman). Analisis ini dapat membantumu dalam mengambil sejumlah keputusan penting dalam menjalankan bisnis, sehingga tidak gegabah, mencontek strategi pesaing, atau menyerah di tengah jalan